Ascan Pardinum Ascan loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Apa Itu Copywriter? 10 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui

10 min read

Gambar Artikel

Pendahuluan

Sudah tahu belum apa itu copywriter? Copywriter adalah seseorang yang ahli dalam menulis teks iklan atau tulisan promosi lainnya yang bertujuan untuk memikat perhatian konsumen. Sebagai seorang copywriter, kamu harus memiliki keahlian menulis yang baik dan benar, memahami psikologi konsumen, dan kreatif dalam membuat konsep tulisan. Ada beberapa jenis copywriter yang dapat kamu pelajari, seperti copywriter iklan, copywriter SEO, copywriter teknis, dan copywriter konten.

Peran copywriter menjadi semakin penting di era digital, di mana banyak bisnis beralih ke online dan bersaing dalam pasar global. Sebagai seorang copywriter, kamu harus memperhatikan strategi copywriting yang efektif agar tulisanmu mampu menarik perhatian target audiens dan meningkatkan brand awareness. Beberapa tools yang dapat membantumu sebagai seorang copywriter antara lain Google Keyword Planner, Ahrefs, Grammarly, dan Hemingway Editor.

Selain itu, penting juga untuk membedakan peran copywriter dengan content writer. Meskipun keduanya memiliki kesamaan dalam menulis, tujuan penulisan dan gaya penulisannya berbeda. Seorang content writer lebih fokus pada pembuatan konten yang informatif dan edukatif, sedangkan copywriter lebih fokus pada pembuatan teks iklan yang persuasif. Jangan lupa, sebagai seorang copywriter, kamu juga harus memiliki karakteristik copywriting yang baik, seperti menjual ide atau produk, memiliki pesan yang jelas, memikat perhatian pembaca, dan membuat pembaca tertarik untuk melakukan tindakan.

Baca juga:   Cara Pembayaran Facebook Ads yang Mudah dan Efektif untuk Bisnis Anda

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang copywriter sukses? Kamu dapat mulai dengan membaca dan belajar dari copywriting yang sukses, menemukan niche tertentu dalam bidang copywriting, dan membangun portofolio tulisanmu. Dengan ketekunan dan kreativitasmu, siapa tahu kamu bisa menjadi copywriter terbaik!

Poin 1: Apa Itu Copywriter?

Seorang copywriter sedang menulis di depan laptop

Copywriter adalah seorang penulis yang bekerja untuk membuat teks iklan atau promosi produk dan jasa. Mereka bertanggung jawab untuk membuat kata-kata yang menarik dan persuasif untuk membujuk orang untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Seorang copywriter harus memiliki kemampuan menulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dapat memikat pembaca. Mereka juga harus memahami psikologi konsumen dan memahami tujuan dari produk atau jasa yang akan dipromosikan.

Perbedaan antara copywriter dengan content writer adalah copywriter lebih fokus pada pembuatan iklan, sedangkan content writer lebih fokus pada pembuatan konten yang informatif dan edukatif. Meskipun demikian, keduanya membutuhkan keterampilan menulis yang baik untuk menghasilkan teks yang berkualitas tinggi dan menarik perhatian pembaca.

Poin 2: Jenis-Jenis Copywriter

Copywriter adalah seorang penulis yang terampil dan kreatif yang bertugas untuk membuat teks promosi dan iklan yang menarik dan efektif. Berikut ini adalah jenis-jenis copywriter yang umum:

1. Copywriter iklan: Copywriter ini bertanggung jawab untuk menulis teks iklan, baik di media cetak maupun digital. Mereka harus mampu membuat kalimat yang singkat, padat, dan mudah diingat agar iklan tersebut dapat menarik perhatian target audiens.

2. Copywriter SEO: Copywriter ini bertanggung jawab untuk menulis teks di website yang ramah mesin pencari. Mereka harus mengetahui teknik SEO dan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian.

Baca juga:   Bikin WOW Klien dengan Website Company Profile Profesional yang Memukau!

3. Copywriter teknis: Copywriter ini bertanggung jawab untuk menulis teks teknis seperti panduan pengguna, spesifikasi produk, dan brosur teknis. Mereka harus mampu menyajikan informasi yang kompleks dengan bahasa yang mudah dipahami oleh target audiens.

4. Copywriter konten: Copywriter ini bertanggung jawab untuk menulis teks yang menarik dan bermanfaat bagi target audiens. Mereka harus mampu menulis dengan gaya bahasa yang menarik dan menghibur agar target audiens tertarik untuk membaca seluruh konten.

Poin 3: Keahlian yang Dibutuhkan untuk Menjadi Copywriter

Untuk menjadi seorang copywriter yang handal, kamu perlu memiliki beberapa keahlian yang dibutuhkan. Pertama, kamu harus bisa menulis dengan baik dan benar, karena nantinya tulisanmu akan menjadi representasi dari brand atau perusahaan yang kamu tulis untuk mereka.

Selain itu, kamu juga harus memahami tujuan dari tulisan yang kamu buat. Apakah tulisanmu ditujukan untuk mempromosikan produk atau jasa, ataukah untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada konsumen.

Seorang copywriter juga perlu memahami psikologi konsumen. Dengan memahami psikologi konsumen, kamu bisa membuat tulisan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Misalnya, dengan menggunakan kata-kata persuasif dan membuat konten yang mudah dipahami oleh konsumen.

Terakhir, seorang copywriter harus kreatif dalam membuat konsep tulisan. Hal ini berguna untuk menarik perhatian konsumen dan membuat mereka tertarik untuk membaca tulisanmu. Dengan memiliki keahlian ini, kamu dapat membuat tulisan yang unik dan berbeda dari tulisan copywriter lainnya.

Contohnya, seorang copywriter yang handal bisa membuat judul tulisan yang menarik perhatian, seperti “5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Produk A” atau “Mengapa Produk B Adalah Solusi Tepat Bagi Masalahmu”. Dengan menggunakan teknik copywriting yang baik, kamu dapat membuat tulisan yang bisa mengubah persepsi konsumen dan mempengaruhi keputusan mereka.

copywriter

Poin 4: Tools yang Digunakan oleh Copywriter

Google Keyword Planner, Ahrefs, Grammarly, dan Hemingway Editor adalah beberapa tools yang sering digunakan oleh copywriter dalam menunjang kualitas tulisannya.

Baca juga:   Mengenal Customer Experience dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis

Google Keyword Planner adalah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu copywriter dalam menemukan kata kunci yang relevan dan populer di mesin pencari. Dengan mengetahui kata kunci yang tepat, maka penulis bisa menyesuaikan tulisannya agar lebih mudah ditemukan oleh target audiens.

Ahrefs adalah tools berbayar yang berguna dalam menganalisis kualitas backlink dari website lain dan mengetahui kata kunci apa saja yang digunakan oleh website tersebut. Dengan mengetahui kata kunci yang populer dan juga backlink berkualitas tinggi, maka copywriter bisa menulis konten yang lebih baik dan teroptimasi untuk SEO.

Grammarly adalah tools yang dapat membantu copywriter dalam mengecek tata bahasa dan kesalahan penulisan seperti kesalahan ejaan, tata bahasa, dan frasa yang berulang. Tools ini membantu copywriter dalam menjamin kualitas tulisan mereka sehingga lebih mudah dipahami dan diminati oleh pembaca.

Hemingway Editor adalah tools yang membantu copywriter dalam mengecek kualitas tulisan dan menyederhanakan kalimat yang rumit. Tools ini sangat bermanfaat bagi copywriter yang ingin menulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

Sebagai contoh, seorang copywriter ingin menulis artikel tentang penggunaan Grammarly untuk meningkatkan kualitas tulisan. Dengan menggunakan Google Keyword Planner, dia menemukan bahwa kata kunci “cara menggunakan grammarly” memiliki jumlah pencarian yang tinggi. Dengan Ahrefs, dia mengetahui bahwa website pesaing juga menggunakan kata kunci tersebut dalam tulisannya. Setelah menulis artikelnya, dia menggunakan Grammarly untuk mengecek kesalahan tata bahasa dan ejaan serta Hemingway Editor untuk menyederhanakan kalimat yang rumit sehingga tulisannya lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Poin 5: Tugas Seorang Copywriter

Seorang copywriter memiliki beberapa tugas penting dalam dunia periklanan. Tugas utama mereka adalah untuk menciptakan teks iklan yang menarik dan persuasif. Untuk mencapai tujuan ini, seorang copywriter harus pandai dalam membuat headline yang menarik dan memberikan kesan pertama yang baik kepada para pembaca.

Baca juga:   5 Langkah Mudah Bikin Website Anda Mendominasi Halaman Pertama Google!

Selain itu, copywriter juga memiliki tugas untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek, yaitu membuat merek dikenal oleh masyarakat dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat kampanye iklan yang kreatif dan efektif dalam menyampaikan pesan.

Dalam membuat kampanye iklan, seorang copywriter harus menyusun konsep iklan yang matang dan sesuai dengan target audiens. Mereka harus mempertimbangkan faktor seperti demografi, psikologi konsumen, dan tren pasar untuk menciptakan konsep yang tepat.

Untuk membantu mereka dalam menjalankan tugas-tugas ini, copywriter dapat menggunakan berbagai tools seperti Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci yang relevan, Ahrefs untuk melakukan analisis kompetitor, Grammarly untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan, dan Hemingway Editor untuk memeriksa kesederhanaan dan kejelasan tulisan.

Dengan melakukan tugas-tugas ini dengan baik, seorang copywriter dapat memberikan nilai tambah bagi klien mereka dengan menciptakan iklan yang efektif dan menarik bagi para konsumen.

Poin 6: Perbedaan Copywriter dan Content Writer

Perbedaan antara copywriter dan content writer sebenarnya cukup signifikan, walaupun keduanya berhubungan dengan menulis konten. Berikut adalah tiga perbedaan antara copywriter dan content writer:

1. Perbedaan dalam tujuan penulisan

Seorang copywriter bertujuan untuk membuat teks yang persuasif dan mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau layanan yang diiklankan. Sementara itu, seorang content writer biasanya bertujuan untuk memberikan informasi yang berguna dan menghibur kepada pembaca.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan mungkin akan mempekerjakan seorang copywriter untuk menulis iklan online mereka, sementara seorang content writer akan menulis blog atau artikel yang menjelaskan tentang produk atau layanan perusahaan tersebut.

2. Perbedaan dalam gaya penulisan

Gaya penulisan seorang copywriter cenderung lebih persuasif dan menggunakan kata-kata yang menarik perhatian, seperti tajuk dan klaim yang menarik. Sedangkan seorang content writer cenderung menggunakan bahasa yang lebih ramah dan mudah dipahami, serta lebih memfokuskan pada informasi dan kegunaan.

Baca juga:   Cara Riset Keyword Youtube yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

Sebagai contoh, sebuah iklan mungkin akan menggunakan kata-kata yang merayu pembaca untuk membeli produk atau layanan, sementara sebuah artikel di blog mungkin akan memberikan informasi dan tips kepada pembaca tentang topik tertentu.

3. Perbedaan dalam jenis konten yang dihasilkan

Seorang copywriter biasanya akan membuat konten seperti iklan, pamflet, atau deskripsi produk untuk website e-commerce. Sedangkan seorang content writer cenderung lebih sering membuat konten yang lebih panjang seperti artikel, blog, atau e-book.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan mungkin akan mempekerjakan seorang copywriter untuk menulis deskripsi produk pada website e-commerce mereka, sementara seorang content writer akan menulis artikel blog tentang cara menggunakan produk tersebut.

Itulah tiga perbedaan antara copywriter dan content writer. Meskipun keduanya berhubungan dengan menulis konten, tujuan, gaya, dan jenis konten yang dihasilkan dapat sangat berbeda. Namun, baik copywriter maupun content writer sama-sama penting dalam mempromosikan dan menginformasikan produk atau layanan sebuah perusahaan.

Contoh Strategi Copywriting

Poin 7: Strategi Copywriting yang Efektif

Fokus pada target audiens sangat penting dalam strategi copywriting yang efektif. Kamu perlu tahu siapa target audiensmu dan apa yang mereka inginkan. Misalnya, jika kamu ingin menarik perhatian orang yang suka olahraga, kamu harus menulis dengan bahasa yang sesuai dengan dunia olahraga dan menyertakan contoh olahraga yang menarik perhatian.

Menggunakan emosi sebagai daya tarik juga sangat penting dalam strategi copywriting yang efektif. Misalnya, jika kamu ingin membuat orang merasa sedih atau tersentuh, kamu bisa memilih kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan perasaan tersebut. Emosi bisa menjadi kunci untuk membuat orang terhubung dengan brandmu dan membuat mereka ingat pesanmu.

Membuat kalimat sederhana dan mudah dimengerti juga penting dalam strategi copywriting yang efektif. Kamu tidak perlu menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti atau bahasa yang sangat formal. Tulislah dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang dan tingkat pendidikan.

Baca juga:   Memulai Bisnis Online Sukses dengan 10 Langkah Mudah

Menciptakan keterlibatan antara brand dan konsumen juga menjadi bagian penting dari strategi copywriting yang efektif. Kamu bisa membuat pertanyaan yang mengundang interaksi atau membuat pernyataan yang membuat orang merasa terlibat dalam topik yang kamu bahas. Misalnya, kamu bisa membuat pertanyaan tentang pengalaman konsumen dalam menggunakan produkmu atau membuat pernyataan yang mengajak orang untuk melakukan tindakan tertentu.

Dalam strategi copywriting yang efektif, kamu harus fokus pada target audiens, menggunakan emosi sebagai daya tarik, membuat kalimat sederhana dan mudah dimengerti, dan menciptakan keterlibatan antara brand dan konsumen. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu bisa membuat konten yang menarik dan efektif untuk mempromosikan produk atau layananmu.

Poin 8: Karakteristik Copywriting yang Baik

Sebuah copywriting yang baik harus dapat menjual ide atau produk, memiliki pesan yang jelas, memikat perhatian pembaca, dan membuat pembaca tertarik untuk melakukan tindakan. Ini adalah empat karakteristik yang penting untuk diingat ketika menulis copywriting yang efektif.

Pertama, seorang copywriter harus dapat menjual ide atau produk dengan cara yang persuasif. Ini berarti menemukan cara untuk membuat produk atau ide terlihat menarik bagi target audiens. Misalnya, jika kamu menulis copywriting untuk sebuah perusahaan makanan, kamu dapat menekankan kelezatan dan kualitas bahan-bahan yang digunakan dalam produk mereka.

Kedua, pesan dalam copywriting harus jelas dan mudah dimengerti. Ini berarti menggunakan kalimat yang sederhana dan tidak membingungkan. Sebuah copywriting yang baik tidak akan berisi kata-kata yang tidak penting atau sulit dimengerti.

Ketiga, copywriting yang baik harus mampu memikat perhatian pembaca. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan headline yang menarik atau menggambarkan manfaat yang ditawarkan oleh produk atau ide. Contohnya, headline yang menarik seperti “Rahasia kecantikan wanita Indonesia yang terjaga selalu” dapat memikat perhatian pembaca dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut.

Baca juga:   Meningkatkan Brand Awareness dengan Website Perusahaan

Keempat, copywriting harus dapat membuat pembaca tertarik untuk melakukan tindakan. Misalnya, jika kamu menulis copywriting untuk sebuah situs e-commerce, kamu bisa menggunakan kalimat yang mengajak pembaca untuk membeli produk sekarang juga dengan menambahkan tombol “Beli Sekarang”. Jika kamu menulis copywriting untuk sebuah acara, kamu bisa menggunakan kalimat yang mengajak pembaca untuk mendaftar sekarang juga dengan menambahkan tombol “Daftar Sekarang”.

Jadi, itulah empat karakteristik copywriting yang baik. Seorang copywriter harus dapat menjual ide atau produk, memiliki pesan yang jelas, memikat perhatian pembaca, dan membuat pembaca tertarik untuk melakukan tindakan. Dengan memperhatikan keempat hal ini, seorang copywriter dapat menulis copywriting yang efektif dan memikat untuk target audiensnya.

Poin 9: Contoh Copywriting yang Menarik

Iklan Apple “Think Different” menjadi salah satu iklan yang sangat sukses karena mampu mempromosikan produk Apple dengan cara yang sangat menarik. Pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini adalah bahwa orang-orang yang berbeda bisa melakukan hal-hal yang luar biasa jika mereka berani untuk berpikir secara berbeda. Iklan ini menggunakan kata-kata yang sangat kuat seperti “Berani”, “Pemberontak”, dan “Inovatif” untuk menginspirasi orang agar berani mengejar impian mereka.

Iklan Apple Think Different

Iklan Nike “Just Do It” juga menjadi salah satu iklan yang sangat sukses dan ikonik. Iklan ini menggunakan kata-kata sederhana tetapi sangat kuat yang menginspirasi orang untuk melakukan sesuatu tanpa takut gagal. Pesan iklan ini adalah bahwa kamu harus melangkah dan mencoba melakukan sesuatu, bahkan jika itu sulit atau menakutkan.

Iklan Nike Just Do It

Iklan Coca-Cola “Share a Coke” sukses mengajak orang untuk berbagi kebahagiaan dengan teman-teman mereka melalui minuman Coca-Cola. Iklan ini menggunakan strategi personalisasi dengan mencetak nama-nama populer di botol minuman Coca-Cola. Pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini adalah bahwa minuman Coca-Cola bisa menjadi sarana untuk menciptakan momen kebahagiaan dan persahabatan yang berkesan.

Iklan Coca-Cola Share a Coke

Iklan Dove “Real Beauty Sketches” menjadi salah satu iklan yang sangat terkenal karena mampu menyampaikan pesan yang sangat positif dan menginspirasi. Iklan ini menggunakan eksperimen sosial dengan mengajak wanita-wanita untuk menggambarkan diri mereka sendiri dan kemudian di-gambarkan lagi oleh orang lain. Hasilnya, wanita-wanita tersebut sangat kaget karena gambar yang di-gambarkan oleh orang lain jauh lebih cantik daripada gambar yang mereka gambarkan sendiri. Pesan yang ingin disampaikan dalam iklan ini adalah bahwa setiap wanita cantik dan perlu dihargai apa adanya.

Iklan Dove Real Beauty Sketches

Poin 10: Tips Menjadi Copywriter Sukses

Tips Menjadi Copywriter Sukses

Menjadi seorang copywriter sukses membutuhkan beberapa tips penting. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi copywriter yang sukses:

Tips Menjadi Copywriter Sukses

Membaca dan Belajar dari Copywriting yang Sukses: Salah satu cara terbaik untuk menjadi seorang copywriter yang sukses adalah dengan membaca dan mempelajari copywriting yang sudah terbukti sukses sebelumnya. Dengan membaca copywriting yang sukses, kamu dapat mempelajari gaya penulisan yang baik, strategi pemasaran yang efektif, dan teknik-teknik lain yang bisa membantu kamu menjadi copywriter yang lebih baik.

Baca juga:   Cara Riset Keyword Youtube yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

Menemukan Niche Tertentu dalam Bidang Copywriting: Sebagai seorang copywriter, penting untuk menemukan niche tertentu dalam bidang copywriting yang ingin kamu tekuni. Misalnya, kamu bisa memilih untuk fokus pada copywriting untuk industri fashion, makanan, teknologi, atau bidang lain yang kamu minati. Dengan memilih niche yang kamu kuasai, kamu dapat menjadi ahli dalam bidang tersebut dan menarik klien yang lebih spesifik.

Memiliki Kemampuan Menulis yang Baik: Kemampuan menulis yang baik sangatlah penting dalam dunia copywriting. Seorang copywriter harus dapat menulis dengan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan mampu menyampaikan pesan dengan efektif kepada audiens. Selain itu, copywriter harus mampu menyesuaikan gaya penulisan dengan target audiens dan produk yang diiklankan.

Berbaur dengan Komunitas Copywriting: Bergabung dengan komunitas copywriting dapat membantu kamu untuk memperluas jaringan dan belajar dari para copywriter lainnya. Kamu dapat bergabung dengan komunitas copywriting di media sosial, forum online, atau menghadiri acara-acara copywriting.

Menjaga Kreativitas: Sebagai seorang copywriter, kamu harus tetap kreatif dalam memproduksi konten. Kamu harus terus mengasah kreativitas dan memperbarui teknik-teknik penulisan agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Dengan begitu, kamu akan tetap terlihat segar dan menarik bagi audiens.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa menjadi seorang copywriter sukses dan menarik banyak klien untuk kamu. Ingatlah untuk selalu memperbaiki kualitas tulisanmu dan terus belajar dari orang lain untuk mencapai kesuksesan di bidang copywriting.

Kesimpulan

Jadi, kamu ingin tahu apa itu copywriter? Copywriter adalah orang yang menulis teks atau kata-kata yang persuasif dan kreatif untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Mereka adalah orang yang membuat iklan yang membuat kita ingin membeli suatu produk. Tugas utama mereka adalah menarik perhatian orang dan membuat mereka tertarik pada produk atau jasa yang dipromosikan.

Baca juga:   5 Langkah Mudah Bikin Website Anda Mendominasi Halaman Pertama Google!

Ada beberapa jenis copywriter, seperti copywriter iklan, copywriter SEO, copywriter teknis, dan copywriter konten. Setiap jenis memiliki tugas dan keahlian yang berbeda-beda. Seorang copywriter harus memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar, memahami tujuan dari tulisan, dan kreatif dalam membuat konsep tulisan. Mereka juga harus memahami psikologi konsumen dan menggunakan tools seperti Google Keyword Planner dan Grammarly untuk membantu mereka membuat teks yang lebih efektif.

Perbedaan antara copywriter dan content writer adalah dalam tujuan penulisan, gaya penulisan, dan jenis konten yang dihasilkan. Seorang content writer menulis untuk memberikan informasi atau edukasi, sementara seorang copywriter menulis untuk mempromosikan produk atau jasa. Gaya penulisan content writer lebih formal dan objektif, sedangkan copywriter lebih persuasif dan kreatif. Jenis konten yang dihasilkan juga berbeda, di mana content writer lebih fokus pada artikel, sedangkan copywriter lebih fokus pada iklan dan promosi.

Ada beberapa strategi copywriting yang efektif, seperti fokus pada target audiens, menggunakan emosi sebagai daya tarik, membuat kalimat sederhana dan mudah dimengerti, dan menciptakan keterlibatan antara brand dan konsumen. Karakteristik copywriting yang baik adalah bisa menjual ide atau produk, memiliki pesan yang jelas, memikat perhatian pembaca, dan membuat pembaca tertarik untuk melakukan tindakan.

Beberapa contoh copywriting yang menarik adalah iklan Apple “Think Different”, iklan Nike “Just Do It”, iklan CocaCola “Share a Coke”, dan iklan Dove “Real Beauty Sketches”. Untuk menjadi copywriter sukses, kamu harus membaca dan belajar dari copywriting yang sukses, menemukan niche tertentu dalam bidang copywriting, dan terus berlatih menulis. Jadi, itulah sedikit tentang apa itu copywriter dan tips untuk menjadi copywriter sukses. Semoga bermanfaat untuk kamu yang tertarik untuk menjalani karir sebagai seorang copywriter! 😊

Baca juga:   Mengenal Customer Experience dan Pentingnya Bagi Sebuah Bisnis
Penulis Hugaf Blog
Ascan Pardinum Ascan loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *