Ascan Pardinum Ascan loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Google E-E-A-T: Mengenal Apa itu E-E-A-T dan Pentingnya E-E-A-T dalam SEO

2 min read

google e e a t

Google menambah satu E lagi pada E-E-A-T dengan pembaruan panduan penilaian kualitas pencarian. Tambahkan E lagi pada E-A-T menjadi experience, expertise, authoritativeness and trustworthiness.

Apakah kalian tahu tentang update terbaru dari Google? Ya, Google baru saja merilis update terbarunya untuk panduan penilaian kualitas pencarian. Dan ada satu hal yang menarik dari update ini: Google menambahkan huruf E tambahan untuk E-A-T-nya.

E-A-T sendiri adalah singkatan dari expertise, authoritativeness, dan trustworthiness, atau keahlian, otoritas, dan kepercayaan. Tapi sekarang, ada huruf E tambahan yang membuat E-A-T menjadi E-E-A-T, yang berarti experience, expertise, authoritativeness and trustworthiness, atau pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan.

Wah, terdengar sangat teknis ya? Tapi tenang saja, kita akan bahas lebih detail apa sih yang dimaksud Google dengan “experience atau pengalaman” ini. Menurut Google, experience ini bertujuan untuk memberikan tingkat kualitas tambahan untuk menilai hasil pencariannya. Jadi, saat kita menulis sebuah konten, Google akan mempertimbangkan apakah konten tersebut juga menunjukkan bahwa dibuat dengan tingkat pengalaman tertentu, seperti dengan menggunakan produk secara nyata, benar-benar mengunjungi suatu tempat, atau menyampaikan pengalaman seseorang.

Kenapa Google menambahkan huruf E tambahan untuk E-A-T?

Apakah kalian tahu mengapa Google menambahkan huruf E tambahan untuk E-A-T-nya? Google menjelaskan bahwa ada beberapa situasi di mana yang paling penting bagi kita adalah konten yang dibuat oleh seseorang adalah yang memiliki pengalaman langsung dalam topik pembahasan tersebut.

Untuk memberikan contoh, Google menyebutkan: “Jika kamu sedang mencari informasi tentang cara mengisi formulir pajak dengan benar, itu sangat memungkinan di mana kamu juga ingin melihat konten yang dibuat oleh seorang ahli di bidang akuntansi. Tapi jika kamu mencari ulasan review tentang software pengelolaan pajak, mungkin kamu mencari informasi di tempat yang berbeda seperti di forum diskusi.”

Google juga menyatakan dalam panduan update-nya bahwa Pengalaman, Keahlian, dan Otoritas adalah konsep penting yang dapat mendukung penilaianmu tentang kepercayaan, dengan kepercayaan menjadi anggota terpenting dari E-E-A-T. Berikut adalah diagram yang dibuat oleh Google untuk menggambarkan update Google kali ini di halaman 26 dari PDF-nya:

image 3
Diagram yang dibuat oleh Google untuk menggambarkan update E-E-A-T ada di halaman 26 dari PDF yang dapat kalian download/lihat disini : https://static.googleusercontent.com/media/guidelines.raterhub.com/en//searchqualityevaluatorguidelines.pdf

Experience menjadi konsep penting E-E-A-T

Menurut Google, halaman yang tidak terpercaya memiliki E-E-A-T yang rendah, tidak peduli seberapa Berpengalaman, Ahli, atau Otentik tampaknya.

Oke, tapi bagaimana pengalaman berbeda dengan keahlian? Menurut Google, halaman yang berbagi pengalaman langsung tentang topik YMYL yang jelas dapat dianggap memiliki E-E-A-T yang tinggi, asalkan kontennya terpercaya, aman, dan sesuai dengan konsensus ahli yang telah teruji. Di sisi lain, beberapa jenis informasi dan saran YMYL harus datang dari para ahli.

Salah satu contoh lagi tentang pengalaman yang disebutkan dalam panduan PDF Google tersebut ada di halaman 51, di mana Google menjelaskan bahwa sebuah halaman memiliki E-E-A-T yang rendah ketika “pembuat konten tidak memiliki pengalaman yang memadai, misalnya ulasan restoran yang ditulis oleh seseorang yang tidak pernah makan di restoran tersebut.”

Jadi, kita dapat melihat bahwa pengalaman sangat penting untuk dipertimbangkan saat menilai kualitas sebuah konten.

Apa saja yang di update dalam panduan penilaian kualitas pencarian terbaru dari Google?

Selain menambahkan huruf E tambahan untuk E-A-T, Google juga melakukan beberapa perubahan lain, seperti:

  • Memperbarui konsep dan kriteria penilaian secara umum di ‘Part 1: Page Quality Guideline‘ agar lebih secara eksplisit dapat diterapkan untuk semua jenis situs web dan model pembuatan konten
  • Menjelaskan lebih lanjut tentang ‘Siapa yang Bertanggung Jawab atas Situs Web dan Siapa yang Membuat Konten di Halaman’ untuk jenis halaman web yang berbeda
  • Menambahkan tabel ringkas dengan ‘Page Quality Considerations‘ teratas yang terlibat dalam penilaian PQ, yang dilanjutkan ke setiap seksi penilaian PQ (Terendah hingga Tertinggi)
  • Mengembangkan/memperjelas panduan tentang poin utama penilaian kualitas suatu halaman yaitu:
    • 1. Main Content Quality atau Kualitas Konten Utama
    • 2. Reputation for Websites and Content Creators atau Reputasi untuk Situs Web dan Pembuat Konten
    • 3. Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trust (E-E-A-T)

Kenapa E-E-A-T itu Penting?

Kamu tahu gak sih, ternyata evaluator kualitas pencarian di Google itu punya peran yang cukup penting lho. Meskipun nilai yang mereka berikan nggak langsung berpengaruh sama ranking hasil pencarian (seperti yang dijelasin Google di dokumennya), tapi feedback dari evaluator ini bisa bantu Google untuk perbaiki algoritma mereka. Jadi, penting banget nih untuk kita cek apa aja yang diubah Google di versi terbaru dokumen ini dibandingin sama versi sebelumnya. Pasti ada alasan kenapa Google nambah, ubah, atau bahkan hapus beberapa bagian.

Satu dimensi baru yang ditambahin, yaitu “experience”, juga merupakan hal yang penting banget lho. Google udah lama banget ngasih tanda-tanda kalau dimensi ini emang penting. Jadi, seneng banget lihat kalau sekarang Google udah nulisin dan jadi salah satu bagian terpenting dari kriteria kualitas yang mereka tentuin.

Ascan Pardinum Ascan loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “Google E-E-A-T: Mengenal Apa itu E-E-A-T dan Pentingnya E-E-A-T…”

  1. Terima kasih untuk infonya. Bisnis yang baik tercipta dari strategi – strategi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *